BLOG PRIBADI HENDRIK MAMARODIA
Buah pikiran orang muda...Hanya sebuah coretan yang menyenangkan...

Kamis, 18 Februari 2016

Filled Under: , ,

Membaca Laporan Keuangan

Laporan Keuangan
credit: articles.bplans.com
Sebelum membahas rekening-rekening yang ada dalam laporan keuangan ada baiknya kita benr-benar mengetahui tentang laporan keuangan itu sendiri.

Wikipedia:
Laporan keuangan adalah catatan informasi keuangan suatu perusahaan pada suatu periode akuntansi yang dapat digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan tersebut. Laporan keuangan adalah bagian dari proses pelaporan keuangan. Laporan keuangan yang lengkap biasanya meliputi:
  1. Neraca
  2. Laporan laba rugi komprehensif
  3. Laporan perubahan ekuitas
  4. Laporan perubahan posisi keuangan yang dapat disajikan berupa
    • laporan arus kas atau 
    • laporan arus dana
  5. Catatan dan laporan lain serta materi penjelasan yang merupakan bagian integral dari laporan keuangan
Unsur yang berkaitan secara langsung dengan pengukuran posisi keuangan adalah aset, kewajiban,dan ekuitas. Sedangkan unsur yang berkaitan dengan pengukuran kinereja dalam laporan laba rugi adalah penghasilan dan beban. Laporan posisi keuangan biasanya mencerminkan berbagai unsur laporan laba rugi dan perubahan dalam berbagai unsur neraca.

Yah itulah lima yang paling umum yang ada dalam laporan keuangan, sekarang kita bisa mulai untuk memahami rekening-rekening yang ada dalam laporan keuangan. Berdasarkan proses penyajiannya laporan keuangan dimulai dengan

Laporan laba Rugi (Income Statement)
Yang adalah laporan sistematis tentang pendapatan dan beban perusahaan untuk satu periode tertentu. Laporan yang pada akhirnya memuat informasi mengenai hasil usaha perusahaan yaitu laba atau rugi bersih yang merupakan hasil dari pendapatan dikurangi beban. (Blog Suci Rakhmawati)
Laporan Laba Rugi
credit: www.belajarbagus.com
(bersambung)

2 komentar:

  1. Makasih Banyak Bro!! Hidup Politeknik and God bless!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoi bro, sama-sama.. sadiki sibuk jadi so nda update :) makase kunjungannya

      Hapus