BLOG PRIBADI HENDRIK MAMARODIA
Buah pikiran orang muda...Hanya sebuah coretan yang menyenangkan...

Selasa, 23 Februari 2016

Filled Under: , ,

Ruang Lingkup Manajemen Keuangan

Pengertian Manajemen Keuangan

Maksimalisasi Nilai Perusahaan (Jangka Panjang).
Mencatat, membuat laporan, mengendalikan arus kas, membayar tagihan, dan mencari dana tetapi juga mampu menginvestasikan dana, mengatur kombinasi sumber dana yang optimal, serta pembagian deviden untuk meningkatkan nilai perusahaan.

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari perusahaan membutuhkan dana yang akan dipakai sebagai modal kerja ataupun membeli aktiva tetap sehingga perusahaan harus mampu mencari sumber dana dengan komposisi yang menghasilkan beban biaya paling murah,
(sumber dana bisa berasal dari dana kita sendiri dan juga bisa berasal dari hutang, menggunakan hutang bisa sedikit memotong pajak).

Semua aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan usaha-usaha mendapatkan dana perusahaan dengan biaya paling murah serta usaha untuk menggunakan dan mengalokasikan dana tersebut secara efisien. Fungsi manajemen keuangan tidak dapat dipisahkan dengan fungsi manajemen yang lain seperti pemasaran, produksi, dan sumber daya manusia, (kinerja dari manajemen keuangan akan berdampak langsung pada fungsi manajemen lain).

Tujuan Manajemen Keuangan

Tujuan perusahaan adalah memaksimalisasi nilai perusahaan dengan meningkatkan kemakmuran pemegang saham (pemilik). Kemakmuran pemegang saham dapat dilihat dari semakin tingginya harga saham. Harga saham didasarkan keputusan investasi, keputusan pendanaan dan kebijakan dividen (bukan hanya maksimum profit/ laba, lalu apakah hanya laba perlembar saham?, bukan juga nilai perusahaan telah masimal tercermin dari harga pasar saham).

Harga pasar saham dipengaruhi 3 faktor: 1) laba per lembar saham 2) tingkat bunga bebas resioko 3) tingkat ketidak pastian yang bersifat spekulatif, ada kecenderungan harga saham turun karena resiko usahanya besar.

Fungsi manajemen keuangan

Fungsi manajemen keuangan berdasarkan 3 keputusan utama harus dilakukan perusahaan yaitu keputusan investasi, keputusan pendanaan, keputusan dividen. Kombinasi ketiganya akan tercapai tujuan perusahaan yaitu memaksimalisasi nilai perusahaan.
Keuangan
Keputusan investasi dalah bagaimana manejer keuangan harus mengalokasikan dana kedalam bentuk-bentuk investasi yang akan mendatngkan keuntungan dimasa yang akan datang. Bentuk investasi, macam investasi dan komposisi dari investasi akan mempengaruhi dan menunjang tingkat keuntungan di masa yang akan datang.

Keputusan pendanaan sering disebut sebagai kebijakan struktur modal. Pada keputusan ini manajer keuangangan dituntut untuk mempertimbangkan dan menganalisis kombinasi dari sumber-sumber dana yang ekonomis bagi perusahaan untuk pembelanjaan kebutuhan investasi serta kegiatan operasionalanya.

Keputusan dividen merupakan keputusan manajemen keuangan untuk menentukan a) besarnya presentasi laba yang dibagikan kepada para pemegang saham b) stabilitas dividen yang dibagikan c) dividen saham d) pemecahan saham e) penarikan kembali saham yang beredar, yang semuanya ditujukan untuk meningkatkan kemakmuran pemegang saham.

(bersambung)

0 komentar:

Posting Komentar