TECHNOLOGY, BUSINESS and PSYCHOLOGI
Buah pikiran orang muda...Hanya sebuah coretan yang menyenangkan...

Rabu, 24 Februari 2016

Filled Under:

This smart radius, and this is very helpful

Setelah membayar uang kuliah hal lain yang dilakukan saat baru memasuki semester baru adalah mendaftarkan diri kembali di kantor administrasi jurusan, ya seperti itulah yang ada di universitas pada umumnya.

Dan untuk pertama kalinya kami juga ikut-ikutan harus daftar ulang, jadi kita diminta slip pembayaran spp dari semester 1, fotocopy ijazah sama pas foto.
Nah dokumen-dokumen ini saya rasa mudah saja dilengkapi, karena pasti diarsipkan dengan aman, tapi ada satu item yang rada-rada ribet mau disiapin.

Pas foto, ia kamu perlu pergi ke foto studio, terus siapin uang yang lumayan (bagi anak kos).
Nah beruntung zaman sekarang udah banyak yang make smartphone, yang kameranya rata-rata bagus.
Jadi ada skenario seperti ini.

Kamera, pinjam hp teman
Printer, pinjam juga
Kertas foto, kalau ada yang punya di minta, kalau tidak patungan.

Ia ultimate skenario buat anak kos, tapi buat edit fotonya butuh sedikit ketrampilan (sebenarnya modal nekat, bisa hanya dengan baca tutorial) mengunakan program editor foto, ia buat ganti latar belakang fotonya.
Program editor foto hebat, yang bisa dipake bahkan oleh seirang newbie
credit: www.jammer.biz
Nah kebetulan saya sudah bantu beberapa teman, meskipun saya tidak bagus sama sekali, tapi dengan membantu orang lain saya bisa sedikit berkembang.

Ia seperti ini ceritanya.
Pertama saya edit foto teman-teman laki, nah editnya itu pake teknik yang sangat mainstream dan terbilang dasar.
  1. Seleksi, menggunakan selection tool
  2. Warnai latar belakang jadi warna biru
dan selesai :D --" wkwkwk

Beberapa kali saya melakukannya lagi, saya coba berimprofisasi dengan memasang inner shadow dan drop shadow, supaya kelihatan nyata dikit :D wkwkwk, katro banget kan cara saya edit

Nah cikal-bakal perkembangan yang tidak seberapa saya itu adalah, saat saya harus mengedit foto teman perempuan, yang rambutnya sedikit bretebaran, gila!!! sulit banget mau seleksi nya.

Trus saya cari digoogle, cara seleksi rambut pada photoshop, dan ternyata ada beberapa cara yang digunakan, salah satunya akan saya sematkan dalam blog saya ini

Trik Mudah Cara Seleksi Rambut Di Photoshop

Trik Mudah Cara Seleksi Rambut Di Photoshop – Cara seleksi rambut di Photoshop menurut saya sangat sulit dilakukan. Apalagi rambut yang akan kita seleksi adalah rambut kriting. Dan lagi, jika warna rambut memiliki kesamaan dengan background, itu yang paling-paling sulit. Dan memang seleksi rambut di Photoshop dibutuhkan ketelitian dan tentunya kesabaran extra.

Setelah muncul program Adobe Photoshop CS5, cara seleksi rambut di Photoshop sedikit meringankan pekerjaan design grafis. Kenapa? Karena di Photoshop CS5 sudah tersedia Tool Refine Edge. Dengan Tool Refine Edge seleksi rambut di Photoshop jadi mudah. Apalagi jika rambut dengan background memiliki warna yang berbeda. Contoh photo yang proses pengerjaan seleksi rambutnya menggunakan Refine Edge Photoshop CS5 :
Selain Photoshop CS5, Photoshop CS6 dan PhotoshopCC juga sudah tersedia Tool Refine Edge.

Jika Anda berminat ingin mencoba praktek seleksi rambut di Photoshop CS5, unduh dulu photo yang sesuai dengan photo diatas.

Cara Seleksi Rambut Di Photoshop CS5

Setelah semua bahannya sudah siap, Photoshop Cs5 dan photo rambut kriting. Kita mulai saja tutorialnya.

Silakan aktifkan Adobe Photoshop CS5 yang sudah diinstall di komputer Anda, klik File > Open untuk membuka photo rambut kriting.

Lakukan seleksi pada photo. Banyak cara dalam menyeleksi photo, disini saya menggunakan Polygonal Lasso Tool lalu pada Property Bar saya pilih New Selection dan Feather 0 px.
Setelah selesai melakukan seleksi pada photo dengan Polygonal Lasso Tool selanjutnya aktifkan Refine Edge pada Property Bar.
Setelah kotak dialog Refine Edge aktif checklist Smart Radius pada Edge Detection. Beri nilai 90 px pada Radiusnya. Nilai radius disini, sebaiknya Anda sesuaikan saja dengan kondisi photo yang sedang diedit.

Jika Anda lihat pada photo, maka akan tampak sebagian background yang belum terhapus. Maka sekarang Anda rapikan dengan cara menggosok-gosokkan pada area yang ingin dihapus.
Selanjutnya checklist juga pada Decontaminate Colors di opsi Output. Untuk Amount disini saya memberi nilai 90% saja dan tipe output saya pilih New Layer with Layer Mask.
Jika semua settingan diatas sudah selesai dilakukan sesuai dengan kebutuhan, klik OK. Maka hasilnya akan seperti yang terlihat pada gambar dibawah. Pada Pallet Layers akan terbentuk sebuah Layer Mask baru.
Sampai langkah ini proses seleksi rambut di Photoshop sudah selesai. Maka langkah selanjutnya adalah Anda menentukan background photo untuk mengganti background yang sudah dihapus.

0 komentar:

Posting Komentar