BLOG PRIBADI HENDRIK MAMARODIA
Buah pikiran orang muda...Hanya sebuah coretan yang menyenangkan...

Kamis, 25 Februari 2016

Filled Under: , , ,

Tugas Perdagangan Internasional


Mendalami perdagangan internasional, terdapat beberapa istilah yang sangat terkait dengan kegiatan perdagangan internasional, antara lain:
  • Subsidi
  • Kuota
  • Premi
  • Dumping
  • Tarif
Baik subsidi, kuota, premi, dumping dan tarif semuanya adalah kebijakan pemerintah dalam perdagangan internasional, yang bertujuan meningkatkan perekonomian dalam negeri.
Ya, seharusnya kesejahteraan lah yang di tuju dari kegiatan perdagangan internasional, namun tanpa adanya peraturan yang diterapkan maka bisa-bisa perekonomian suatu negara malah menurun.
Untuk itulah ada kebijakan-kebijakan yang diterapkan pemerintah antara lain:

Subsidi

Subsidi adalah bantuan yang diberikan pada suatu produsen atau industri dengan tujuan mempertahankan diri dari kejatuhan atau juga meningkatkan daya saing.
Perdagangan internasional memungkinkan masuknya produk luar negeri yang murah, jika produk dalam negeri mempunyai harga yang tinggi, disinilah subsidi akan sangat berpengaruh. Bantuan subsidi ini digunakan untuk menekan harga tinggi produk dalam negeri, sehingga bisa bersaing dengan produk impor.

Kuota

Kuota adalah kebijakan lain yang digunakan demi mempertahankan produk/ jasa dalam negeri dengan cara membatasi jumlah maksimum yang dapat diimpor. Jumlah maksimum impor yang dibatasi akan mengakibatkan harga barang naik, sehingga akan mengalami penurunan permintaan dan pada akhirnya produksi yang sama dalam negeri akan meningkat.
(bersambung)

0 komentar:

Posting Komentar