BLOG PRIBADI HENDRIK MAMARODIA
Buah pikiran orang muda... Hanya sebuah coretan yang menyenangkan...

Kamis, 03 Maret 2016

Filled Under:

Karya Ilmiah yang Revisionable

Revisionable
Apa sih maksud saya dengan karya ilmiah yang revisionable, jadi begini.
Jika kita adalah seorang mahasiswa pasti akan sangat lengket dengan yang namanya karya ilmiah, mulai dari makalah sampai skripsi, heheh seperti itulah kehidupan masyarakat ilmiah.

Nah dalam menyusun tulisan ilmiah ini, nanti akan ada sangat banyak perubahan dan perombakan sebelum karya ilmiah tersebut rampung secara keseluruhan, untuk meningkatkan efektifitas dalam mengerjakan tulisan ini, ada beberapa cara teknis dalam menggunakan progrma pengolah kata (microsoft word khususnya) yang bisa membuat pekerjaan kita menjadi lebih muda.

Karena itulah yang saya akan jelaskan disini, bukan hanya tulisan ilmiah yang revisionable tapi juga terstruktur dan bisa dinavigasi dengan mudah dan cepat.

Dengan menerapkan teknis-teknis tersebut ada beberapa hal yang akan menjadi lebih mudah, beberapa diantaranya adalah

  1. Daftar isi yang fleksibel, artinya daftar isi yang memuat informasi halaman, yang biasanya kita buat manual bisa jadi otomatis, jadi kita tidak perlu pusing ganti nomor halaman, karena daftar isi yang kita buat akan dengan otomatis menyesuaikan sendiri
    Daftar Isi
  2. Navigasi halaman yang akan jadi sangat mudah, perpindahan dari halaman ke halaman, bab ke bab, bahkan sub-bab nya bisa dilakukan dengan sekali klik, ini akan menghemat banyak waktu dan tenaga
    Navigasi
  3. Daftar Pustaka yang otomatis bertambah dan berkurang sendiri, mengikuti isi tulisan, dll
    Daftar Pustaka
Intinya tulisan ilmiah anda akn jadi sangat dinamis, dan berbedah jauh dengan cara-cara konvensional yang serba manual!

Dikesempatan lain juga saya akan memberikan beberapa tips yang paling sering digunakan dalam menyusun tulisan ilmiah, seperti cara mudah dalam merevisi, menggabungkan, jendela kerja yang efektif, dll.

Untuk sekarang saya hanya ingin teman-teman berpikir bahwa, untuk mengerjakan tulisan ilmiah terdapat banyak cara yang akan mempermudah kita dalam menyusunnya.

Berikut adalah contoh tulisan ilmiah saya, yang menerapkan elemen-elemen diatas, disamping itu sudah menerapkan format yang sangat standar, mulai dri margin, tulisan dan inden, tulisan ilmiah ini menurut saya akan jadi template tulisan ilmiah yang cukup baik.
Saya membuatnya dengan banyak usaha, dan tulisan ilmiah saya ini sudah diakui kerapiannya oleh dosen Metodologi Penelitian Bisnis saya, Ir. Efendy Rasjid.

Namun untuk sementara ini mungkin jadi konten premium, sampai saya punya cukup waktu luang untuk membuatnya gratis :D wkwkwk, saya jangan dianggap pelit ya, soalnya ada kemungkinan tulisan ini saya akan gunakan untuk maju skripsi nanti

Download skripsi-hendrik-mamarodia.rar | -KB

0 komentar:

Posting Komentar

Populer

Produk Jasa

 
TECHNOLOGY, BUSINESS and PSYCHOLOGI