BLOG PRIBADI HENDRIK MAMARODIA
Buah pikiran orang muda... Hanya sebuah coretan yang menyenangkan...

Minggu, 22 Oktober 2017

Filled Under:

Memilih Backbone Internet RT/RW Net

Koneksi Internet

Kebutuhan membangun RT/RW Net #1. Memilih ISP sebagai backbone Internet.

Dalam membangun RT/RW Net hal pertama yang harus dipersiapkan adalah koneksi internet, apabila di analogikan seperti berdagang, barang yang di dagangkan dalam bisnis RT/RW Net adalah koneksi internet. Seperti layaknya barang dagangan, agar dapat ditawarkan dan mendapat keuntungan, tentu saja barang dagangan tersebut harus memiliki kualitas yang baik.

Banyak faktor yang melatarbelakangi pemilihan ISP seperti kecepatan, kestabilan (anti gangguan), keterjangkauan dan harga. Dari beberapa faktor tersebut, keterjangkauan adalah hal pertama yang harus di periksa, sebab hal ini selelu menjadi yang paling penting, setelahnya adalah memilih paket yang sesuai dengan kebutuhan dengan tetap berdasar pada perbandingan harga dengan manfaat yang didapat.

Keterjangkauan

Maksudnya layanan internet tersebut dapat menjangkau tempat anda, koneksi internet yang di jadikan backbone harus cepat dan stabil, internet dengan fiber optik adalah yang paling populer saat ini. Fiber optik memiliki kemampuan transfer yang tinggi tapi masih lah sebuah kabel sehingga instalasi nya masih melibatkan kondisi lingkungan, ketersediaan poin (tiang telepon dll).

Internet cepat, stabil dan murah menjadi tak berarti apa-apa jika tak bisa menjangkau tempat anda.

Kecepatan, Kestabilan dan Harga

Setelah mendapatkan beberapa ISP yang dapat menjangkau wilayah anda, barulah pantas membandingkan beberapa faktor ini, anda pasti bisa membandingkannya dengan mudah, anda bisa melakukan research seperti mencari testimoni, atau jika ingin lebih akurat bisa langsung coba menggunakan beberapa bulan. Karena koneksi internet RT/RW Net akan digunakan banyak orang, maka anda mungkin harus memprioritaskan faktor stabilitas sebagai yang utama, kemudian kecepatan dan harga.

Dalam memilih paket yang paling sesuai dan paling menguntungkan saya memperhitungkan berbagai hal, yang saya rumus sendiri berdasarkan batas pengetahuan saya, anda bisa melihatnya di dokumen yang saya upload. Pada dokumen tersebut paket yang saya bandingkan hanya paket milik IndiHome, karena IndiHome satu-satunya ISP yang dapat menjangkau daerah saya dan kebanyakan daerah lain selain ibu kota.

Download profitable-formula.xlsx | 14KB

0 komentar:

Posting Komentar

Populer

Produk Jasa

 
TECHNOLOGY, BUSINESS and PSYCHOLOGI