BLOG PRIBADI HENDRIK MAMARODIA
Buah pikiran orang muda... Hanya sebuah coretan yang menyenangkan...

Jumat, 20 Oktober 2017

Filled Under:

Tentang RT/RW Net

RT/RW Net
Halo Dunia, saya Hendrik dan ini tulisan pertama saya seteleah vakum beberapa tahun.

Sebelum saya mulai menulis lagi, pahamilah apa yang kalian baca adalah jurnal dari orang biasa, yang tidak memiliki spesialisasi.

Alasan saya mulai menulis kembali ide-ide saya di halaman blog adalah agar saya tidak lupa dengan apa yang saya pelajari.

Tentang RT/RW Net, istilah ini mungkin tidak asing di daerah ramai dan melek teknologi seperti ibu kota dan kota-kota besar di Indonesia, tapi tidak pada daerah tempat saya tinggal, sehingga saya sendiri pun belum lama mulai mempelajari tentang RT/RW Net.

RT/RW Net itu pada dasarnya adalah sebuah jaringan komputer lokal (Local Area Network) yang umum kita kenal seperti warnet, tapi apabila pada warnet kita harus pergi ke warnet dan menyewa komputer, tidak pada RT/RW Net.

RT/RW Net ini memungkinkan pelanggan dapat menggunakan layanan seperti koneksi internet langsung dari rumah, RT/RW maksudnya area cakupannya adalah pada komplek perumahan.

Sehingga hal yang membedakan warnet dan RT/RW Net adalah area cakupannya, meskipun tidak menutup kemungkinan ada warnet yang juga RT/RW Net.

Jaringan Komputer

Apabila terdapat beberapa komputer terhubung dan dapat melakukan komunikasi atau menggunakan sebuah sumber daya secara bersamaan, maka komputer-komputer tersebut telah memenuhi kriteria untuk dikatakan sebagai jaringan komputer.

Pada jaringan komputer seperti warnet, sumber daya yang populer digunakan secara bersamaan adalah printer, anda pasti pernah mencetak dokumen dari komputer warnet tapi mesin cetaknya ada di meja admin warnet, hal seperti itu dimungkinkan karena komputer warnet terhubung dalam satu jaringan komputer.

Printer adalah contoh paling mudah menggambarkan bagaimana penggunaan sumber daya secara bersamaan selain koneksi internet.

Jaringan Komputer Lokal (Local Area Network)

Setelah paham tentang jaringan secara umum, kemudian jaringan komputer itu memiliki beberapa jenis apabila ditinjau berdasarkan area cakupan.

Jenis jaringan komputer berdasarkan area cakupan:

  • Local Area Network (LAN)
  • Metropolitan Area Network (MAN)
  • Wide Area Network (WAN)
Local Area Network adalah jaringan yang area cakupannya paling kecil, biasanya terdiri dari beberapa komputer, seperti warnet.

Metropolitan Area Network ada ditingkatan setelah LAN, MAN ini merupakan gabungan dari beberapa LAN, jadi apabila komputer warnet A bisa mencetak dokumen menggunakan mesin cetak warnet B, maka beberapa warnet tersebut merupakan sebuah Metropolitan Area Network.

Pada tingkat yang paling luas ada Wide Area Network (WAN) yang lebih kita kenal dengan Internet, ia cukup jelas bagi kita bahwa apa yang ada di Internet berasal dari berbagai macam belahan dunia.

Setelah mengerti tentang jaringan dan area cakupannya, hal yang juga harus dimengerti untuk memahami RT/RW Net adalah bagaimana komputer-komputer tersebut bisa terhubung.

Setidaknya ada dua alasan kenapa mereka (komputer) bisa saling terhubung, yang pertama adalah kabel yang saling dihubungkan, yang kedua adalah jaringan tanpa kabel (wireless) yang dihubungkan.

Kembali ke RT/RW Net

Saya menggunakan warnet sebagai perbandingan agar bisa dengan mudah mengerti RT/RW Net.

Warnet pada umumnya terhubung menggunakan kabel sedangkan RT/RW Net menggunakan wireless, teknologi ini kita kenal luas dengan sebutan Wi-Fi.

Karena menggunakan Wi-Fi, RT/RW Net bisa menjangkau pelanggan dengan lebih mudah dan murah, karena tidak perlu melayangkan kabel ber meter-meter di udara.

Sudah cukup jelas bukan, RT/RW Net itu adalah jaringan lokal yang media penghubungnya biasanya menggunakan wireless, dengan tujuan membagikan koneksi internet sebagai sumber daya yang digunakan bersama.
Topologi RT/RW Net
Topologi RT/RW Net
RT/RW Net adalah jaringan yang pada umumnya hanya mencakup satu kompleks perumahan, tapi memiliki potensi tidak terbatas untuk dikembangkan.

RT/RW Net merupakan solusi untuk mendapatkan internet murah yang berkualitas, karena seperti mengecer koneksi internet yang harganya belum mampu dijangkau seluruh lapisan masyarakat.

RT/RW Net merupakan sebuah peluang bisnis yang cukup menggiurkan, sebab pada zaman ini internet telah jadi kebutuhan primer layaknya makanan.

Saya punya ketertarikan yang tinggi pada RT/RW Net sehingga tulisan-tulisan saya berikutnya akan membahas tentang hasil penelitian saya tentang RT/RW Net, sampai jumpa!

1 komentar:

  1. Selamat Datang Di SenidominoQQ Agen Poker online terbaik
    SeniDominoQQ akan Melayani Customer Service yang siap selama 24jam Non-Stop loh bos
    dan dengan tingkat kemenangan hampir 95%

    1 User ID untuk 8 game
    Minimal Deposit kami Hanya sebesar Rp 20.000,- & Minimal Withdraw kami Rp 20.000,-
    HOT PROMO wwwSeniDominoQQ yaitu :
    BONUS TURNOVER 0.3% SETIAP Harinya ( jam 14.30 wib )
    BONUS REFERRAL 20% SEUMUR HIDUP
    BCA - Mandiri - BNI - BRI - Danamon
    Ayoo Segera Bergabung dengan kami Hanya di:
    Link resmi : www(.)SeniDominoQQ(.)com
    Link alternatif : www(.)Seni99(.)com

    Untuk info selengkapnya silahkan hubungi kami di :
    - FACEBOOK : SENI QQ
    - TWITTER : Seni_QQ
    - PIN BB : 561A1388
    - WA : +85515635548
    - Wechat : seniqqcs1
    - Line : Seniqqcs1

    Agen Poker
    Agen Poker Online
    Agen Poker Terpercaya
    Poker Online
    Agen Aduq
    Agen Domino99
    Agen DominoQQ
    Agen BandarQ
    Agen Sakong
    Agen Capsasusun
    Agen Bandar66

    BalasHapus

Google+

Populer

 
TECHNOLOGY, BUSINESS and PSYCHOLOGI